Bengkel Mania | Solusi Perkembangan UMKM Bengkel Anda

Simak 6 Tips Aman Membeli Motor Second

motor second

Halo Bos Bengkel, Saat ini motor bekas atau second cukup banyak diminati masyarakat karena harganya yang lebih murah dan bisa langsung dipakai.

Namun semakin maraknya motor bekas di Indonesia menimbulkan keraguan calon pembeli. Soalnya tidak sedikit yang khawatir akan kualitas motor bekas.

Murah saja tidak cukup. Ada hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan membawa pulang motor bekas yang diinginkan.

Nah, agar tidak tertipu, Bengkel Mania ingin membagikan 6 tips untuk memilih motor second terbaik. Jadi jangan asal beli ya. Berikut tipsnya :

1. Cek harga pasaran

Sebelum anda melakukan pencarian motor bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari menu pabrikan di situs online penjual motor.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Motor Yang Harus Mengalami Turun Mesin!

2. Cek nomor rangka dan nomor mesin motor

Langkah aman membeli motor bekas selanjutnya adalah memeriksa nomor rangka dan nomor mesin motor.

Pastikan nomor rangka dan mesin sama dengan yang tertera pada STNK atau BPKB. Walau sama, jangan terburu-buru yakin motor itu resmi. Berikut cara memastikan nomor rangka asli:

    • Raba dengan tangan nomor rangka dan nomor mesin motor
    • Pastikan cetakan angka tidak terasa kasar
    • Jika terasa kasar dan bentuknya tidak presisi, Anda patut curiga motor tersebut motor curian
    • Para penadah motor curian, seringkali menyamarkan nomor rangka dan nomor mesin dengan cara diketok untuk mengelabui calon pembeli

Batalkan niat membeli jika nomor rangka terasa kasar dan tidak sesuai agar tidak menjadi masalah saat harus mengurus surat-surat kendaraan.

Untuk memastikan keaslian nomor rangka dan nomor mesin, Anda dapat memanfaatkan layanan polisi dengan mengirim pesan singkat dengan format Metro(spasi)nomor polisi lalu kirim ke 1717.

Sayangnya, layanan cek keaslian nomor rangka ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta saja.

3. Cek kondisi fisik motor

Tahap pengecekan fisik badan motor jadi hal yang cukup penting. Meski terlihat baik secara tampilan, ada baiknya Anda teliti saat memeriksa fisik motor.

Periksa body motor tidak banyak goresan, retak, penyok, atau pecah. Kemudian cek baut motor lengkap dan terpasang kencang.

Anda juga dapat menanyakan ke penjual soal keaslian suku cadang motor. Akan lebih baik jika semua suku cadang yang terpasang merupakan suku cadang original.

4. Periksa kesehatan mesin motor

Tips selanjutnya adalah menghidupkan mesin motor. Saat menghidupkan mesin motor, perhatikan hal berikut:

    • Saat mesin diengkol (kick starter) tidak sulit atau keras.
    • HIdupkan dengan electric starter, pastikan dapat menyala dengan sekali percobaan. Aki motor yang terjaga dengan baik tidak menyulitkan motor saat distarter.
    • Jangan gas motor untuk melihat apakah mesin mati mendadak atau tersendat. Jika demikian, kemungkinan ada masalah pada bagian mesin.

5. Periksa rangka motor

Periksa kelurusan rangka agak sulit hanya dilakukan secara visual. Anda harus menjalankan motor untuk dapat merasakan rangka tidak bengkok.

Caranya adalah jalankan motor dengan kecepatan 40 km/jam lalu tekan rem mendadak, jika motor sulit dikendalikan itu tandanya rangka dan poros setang motor bengkok.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Busi Motor Dan Fungsinya

6. Test drive

Tips membeli motor bekas yang terakhir adalah coba test drive. Dengan cara ini, Anda dapat tahu apakah ada kebocoran pada oli atau air radiator setelah motor berjalan di sela-sela mesin.

Selain itu, dengan test drive Anda dapat merasakan getaran kendaraan salah satunya dari stang, serta kinerja kelistrikan pada bagian lampu depan, belakang, sein, klakson, speedometer yang berfungsi dengan baik.


Itu dia tips membeli motor bekas dari bengkel mania nih bos, apakah kalian tertarik membeli motor bekas?

Bila sudah membeli motor second jangan lupa servis di Bengkel Mania terdekat ya bos!

Kalau kalian tertarik membuka usaha bengkel motor? Gabung langsung dengan mitra Bengkel Mania. Bengkel Mania sebagai solusi digital pengusaha bengkel motor di Indonesia.

Bengkel Mania memiliki berbagai fitur salah satunya Modal Bengkel yang menyediakan permodalan bengkel aman karena bermitra dengan lembaga keuangan berizin OJK Otoritas Jasa Keuangan).

Selain Modal Bengkel masih ada fitur-fitur unggulan lainnya dari bengkel mania. mulai dari Etalase BengkelBuku BengkelBengkel Ekstra hingga Partner Bengkel. yang siap jadi segala solusi perbengkelan kalian para bos bengkel.

Buka usaha bengkel jadi semakin mudah dan praktis karena ada Bengkel Mania. Untuk info lebih lanjut bos bisa menghubungi +62 812-9812-8576 (Andre)

1 thought on “Simak 6 Tips Aman Membeli Motor Second”

  1. Pingback: Jangan Sepelekan! Ini Bahaya Akibat Telat Ganti Oli Mesin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *