Bengkel Mania | Solusi Perkembangan UMKM Bengkel Anda

Sekring Motor Sering Putus? Ini 4 Penyebabnya Yang Wajib Diketahui!

 

sekring putus

Halo Bos Bengkel, Bukan hubungan gebetan dan pacarnya saja yang bisa putus. Sekring motor pun bisa putus. Bahkan, sekring baru tuh ternyata belum tentu jadi jaminan awet. Kok bisa gitu ya?

Ada beberapa alasan utama mengapa sekring motor sering putus padahal baru saja diganti. Sekring mesin yang putus harus segera diganti oleh pemiliknya agar sistem kelistrikan mesin berfungsi kembali dengan baik.

Buat yang belum tahu, sekring atau fuse berguna sebagai pengaman bagi komponen kelistrikan di motor jika terjadi korsleting.

Karena merupakan komponen yang penting, komponen ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. Rusaknya sekring motor tentu akan menimbulkan masalah bagi komponen-komponen yang lain.

Beberapa tanda sekring putus antara lain adalah lampu dan klakson tidak bisa dinyalakan meskipun motor dalam keadaan hidup. Tak cuma itu, mesin juga bisa mati jika sekring utama sampai putus.

Oleh karena itu, penting lho, untuk mengetahui penyebab sekring motor putus, meski baru diganti. Jadi, Anda bisa menghindarinya. Apalagi kalau lagi mau boncengin gebetan naik motor.

Baca Juga: Vespa World Day 2022 Digelar di Bali, Ribuan Penggemar Serbu Bali

1. Beban Listrik Berlebih

Penyebab utama yang sering terjadi adalah kelebihan beban listrik yang lewat pada sekring. Ini dapat merusak sekring, bahkan bisa sampai terbakar dan meleleh. Jika sudah terjadi seperti itu, sekring harus segera diganti.

Tegangan listrik yang berlebihan dapat disebabkan voltase yang digunakan terlalu kecil. Gunakan kabel dengan voltase lebih besar dan sesuai dengan kapasitas kelistrikan motor. Contoh yang salah adalah kelistrikan motor membutuhkan voltase 15 Ampere, tetapi yang terpasang dayanya 10 Ampere.

Hal ini akan membuat sekring kelebihan beban dan memang harus diganti dengan yang lebih besar. Akan lebih baik jika Anda membawanya ke bengkel resmi Suzuki agar penggantian bisa lebih aman dan tidak salah pasang.

2. Terjadi Konsleting Listrik

Penyebab selanjutnya adalah terjadinya arus pendek listrik atau korsleting listrik. Korsleting bisa menimbulkan percikan api dan komponen bisa sampai terbakar. Penyebab korsleting ini adalah arus listrik yang masuk pada sekring

Jika lebih parah, sekring bisa terputus. Untuk mengatasinya, usahakan melakukan pengecekan secara rutin. Dan jika ada korslet, segera cari bagian yang korslet agar tidak merembet.

3. Kualitas dan Ketebalan Kawat Sekring

Kondisi sekring motor yang sering putus bisa disebabkan oleh kualitas sekring yang jelek. Terlebih jika kondisinya terlalu tipis pada saat dipasang akan terasa longgar.

Selain itu, tipisnya sekring juga berpengaruh besar terhadap arus. Jika sekring tidak cukup kuat untuk menahan arus, ada risiko terbakarnya komponen lain pada motor.

`Oleh karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya membeli sekering berkualitas tinggi untuk kenyamanan dan keamanan kendaraan.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Motor Yang Harus Mengalami Turun Mesin!

4. Digigit oleh hewan

Jika Anda merasa telah menggunakan sekring motor yang berkualitas dengan voltase atau daya yang sesuai, tetapi masih putus juga, ada mungkin penyebabnya adalah gigitan tikus. Anda perlu memeriksa Area kabel di box, jika box sudah tidak rapi, lalu kawat putus, mungkin sekring sudah digigit oleh tikus.

Pemeriksaan rutin harus dilakukan dalam hal ini. Anda juga perlu menandai waktu saat sekring terakhir dipasang. Karena letaknya yang di dekat aki, kadang sekring menjadi korosi, atau berkarat. Hal ini dapat menyebabkan aliran listrik tidak normal.


Itu dia penyebab terjadinya sekring yang putus nih bos, jangan lupa untuk rutin mengecek kendaraan kesayangan kalian ya bos!

Bos ingin mengisi stok sparepart di bengkel kalian? yuk bergabung dengan Bengkel Mania, kami mempunyai fitur Etalase Bengkel yang menyediakan berbagai suku cadang yang dijual oleh bengkel seperti busi, oli, kampas rem, aki dan masih banyak lagi. Dijamin Ori!

Di Etalase bengkel para Bos Bengkel bisa membeli dengan harga yang bersaing dan lebih praktis. Sebab semua transaksi terjadi dalam satu Aplikasi Bengkel Mania. Dengan layanan yang cepat dan praktis, Bos Bengkel tetap dapat menjaga bengkel agar tetap beroperasi.

Untuk info lebih lanjut bos bisa menghubungi +62 812-9812-8576 (Andre) atau kunjungi bengkelmania.com

1 thought on “Sekring Motor Sering Putus? Ini 4 Penyebabnya Yang Wajib Diketahui!”

  1. Pingback: 4 Hal Ini Penyebab Aki Motor Soak, Jangan Dibiarikan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *