Bengkel Mania | Solusi Perkembangan UMKM Bengkel Anda

Jangan Sepelekan! Ini Bahaya Akibat Telat Ganti Oli Mesin

oli mesin

Halo Bos Bengkel, Siapa yang masih menyepelekan untuk menggati Oli Mesin? Bos tau dong Oli merupakan komponen penting dalam kendaraan sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin.

Hal ini dimaksud agar kendaraan tidak rusak dan tahan lama. Dengan banyaknya fungsi oli bagi kendaraan, maka dapat diketahui bahwa oli harus dirawat dengan baik. Dengan adanya oli maka kendaraan bermotor Sobat akan nyaman dan lancar pada saat digunakan.

Kebiasan menyepelekan ganti oli akan menimbulkan beberapa kerusakan yang dalam jangka panjang akan menguras isi dompet kamu.

Lalu apa saja akibat telat ganti oli motor yang harus diwaspadai? Yuk mari kita simak agar Bos tau  apa saja akibat buruknya.

1. Komponen mesin menjadi cepat rusak dan biaya perawatan mahal

Bagian mesin yang bergesekan satu sama lain pada mesin cepat keausan, karena kekentalan oli membuat tidak mungkin untuk meminimalkan gesekan antar bagian. Kemudian ada kerusakan pada komponen dan Bos harus membayar banyak biaya perbaikan.

Artikel Terikait: 5 Oli Motor Terbaik Rekomendasi Bengkel Mania

2. Mesin menjadi cepat panas (overheating)

Terlambat mengganti oli akan menyebabkan motor menjadi cepat panas karena oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik. Hal ini jangan dibiarkan terus-menerus, karena komponen mesin bisa rusak. Salah satu contohnya kerusakan pada kepala silinder yang akan melengkung, dan kalau sudah begini, lagi-lagi Sobat harus mengeluarkan biaya untuk menggantinya.

Terlambat mengganti oli akan mengakibatkan motor cepat panas lantaran oli tidak bisa mendinginkan mesin dengan baik. Jangan dibiarkan terus-menerus, lantaran komponen mesin bisa rusak. Salah satu misalnya kerusakan pada kepala silinder yg akan melengkung & bila terlanjur, lagi-lagi Bos wajib mengeluarkan biaya untuk menggantinya.

3. Membuat bahan bakar menjadi boros

Gesekan pada mesin yang kasar membuat performa kendaraan menjadi berat karena kurangnya pelumasan, membuat mesin membutuhkan banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga.

4. Kurang nyaman pada saat berkendara

Jika bos terlambat mengganti oli, getaran kasar mesin akan sangat terasa. Getarannya lebih terasa dan membuat tidak nyaman. Dikhawatirkan membuat kerusakan mesin akan lebih parah saat dikendarai , terutama saat dikendarai jarak jauh.

Baca Juga: Simak 6 Tips Aman Membeli Motor Second

5. Usia mesin jadi lebih pendek

Jika Bos rutin mengganti oli, maka usia pakai mesin akan bisa lebih lama dibandingkan dengan yang olinya sering terlambat diganti atau bahkan tidak pernah diganti.


Itu dia bahaya telat mengganti oli motor nih bos, Jadi Bos udah tau kan mengapa kita harus rutin mengganti oli setiap bulannya.

Bos ingin memenuhi supply oli setiap bulannya? Bos bisa mendapatkan supply Oli terpercaya di Etalase Bengkel dari Bengkel Mania.

Di Etalase bengkel para Bos Bengkel bisa membeli dengan harga yang bersaing dan lebih praktis. Sebab semua transaksi terjadi dalam satu Aplikasi Bengkel Mania. Dengan layanan yang cepat dan praktis, Bos Bengkel tetap dapat menjaga bengkel agar tetap beroperasi.

Selain itu di Etalase Bengkel juga menyediakan layanan supply chain pengadaan barang-barang yang dijual oleh bengkel seperti ban, busi, kampas rem, dsb.

Untuk info lebih lanjut bos bisa menghubungi +62 812-9812-8576 (Andre) atau kunjungi bengkelmania.com

Itu dia cara membedakan oli asli dan oli palsu, bagaimana pendapat Bos Bengkel?

 

1 thought on “Jangan Sepelekan! Ini Bahaya Akibat Telat Ganti Oli Mesin”

  1. Pingback: 5 Cara Mengetahui Kerusakan Busi Motor Dari Warnanya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *