Bengkel Mania | Solusi Perkembangan UMKM Bengkel Anda

5 Cara Membedakan Oli Asli atau Oli Palsu, Hati-hati Tertipu!

Oli

Halo Bos Bengkel, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas Rekomendasi Oli versi Bengkel Mania. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membedakan Oli palsu dengan Oli asli agar kalian tidak salah membeli.

Oli merupakan cairan penting pada kendaraan dan berfungsi untuk melumasi seluruh komponen mesin kendaraan bermotor. Selalu rawat kendaraan Anda dengan mengganti oli mesin secara berkala.

Namun, berhati-hatilah saat mengganti oli. Saat ini banyak sekali oknum-oknum jahat yang sering memanfaatkan keadaan dengan membuat dan menjual oli palsu.

Sejumlah besar orang yang tertipu karena ingin mendapatkan harga murah malah mendapat Zonk dan ujung-ujungnya harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki mesin.

Baca juga: 5 Oli Motor Terbaik Rekomendasi Bengkel Mania

Kondisi ini tentu merugikan pemilik kendaraan. Oli palsu adalah tingkat yang tidak teratur dan merusak mesin dan tidak direkomendasikan oleh pabrikan. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membeli minyak. Beli Oli Palsu
biar gak kecewa

Ini dia cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui perbedaan oli asli dan oli palsu!

1. Perhatikan kemasan oli

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi fisik paket oli motor yang Anda beli. Pastikan kemasan oli mesin dalam kondisi baru. Pemalsu biasanya menggunakan botol bekas agar terlihat seperti aslinya dan tidak mengenakan biaya tambahan untuk mencetak botol baru. Pembuat oli asli tidak membuat botol daur ulang atau usang.

2. Lihat kode dan nomor produksi

Pada langkah kedua, Anda dapat melihat kode pembuatan botol oli mesin. Setiap produsen harus menempatkan kode atau nomor identifikasi di dua lokasi yang berbeda: tutup botol dan botol oli. Bandingkan kode atau nomor seri. Jika ada perbedaan satu angka saja, Anda dapat yakin bahwa Anda membeli oli palsu.

Lihat Juga: 4 Cara Ampuh Supaya Hemat Bensin

3. Perhatikan label botol oli

Langkah ketiga dapat dikenali dari kondisi label tutup botol oli. Produsen biasanya memiliki desain holografik khusus sebagai bentuk keaslian oli. Namun, pengedar nakal sangat mahir meniru label botol.

Ini adalah cara lain untuk menentukan oli mana yang asli dan mana yang palsu. Hal ini dapat diidentifikasi dengan logo warna pada paket. Biasanya menggunakan cetakan digital berkualitas rendah dengan warna lebih kusam, semakin meningkatkan kecurigaan saat membeli minyak.

4. Cek barcode

Langkah keempat, dengan teknologi baru dan up-to-date yang mulai dimasukkan ke berbagai merek produsen oli. Langkah ini bertujuan untuk mempersulit pedagang jahat untuk memalsukan oli. Teknologi ini saat ini dinilai efektif dan memudahkan konsumen kendaraan untuk mengidentifikasi oli asli.

Caranya dengan memindai barcode atau masukkan kode di situs web resmi. Tanda centang berarti tanda oli tersebut asli dan aman digunakan. Teknik ini hanya dapat digunakan sekali untuk mencegah pemalsuan.

5. Cium bau dan lihat warna oli

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan yaitu dengan cara mencium bau dan melihat warna oli. Oli memiliki ciri khas yaitu tidak berbau dan berwarna bening. Sedangkan oli palsu memiliki warna keruh dan berbau seperti terbakar.

Kalian pasti dapat membedakan dan jelas bahwa oli produksi pabrik asli berbeda dengan oliyang diproses oleh manusia dengan segala kendala alat dan keuangan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.


Bos Bengkel ingin mendapatkan supply oli yang sudah terjamin asli agar tidak mengecewakan pelanggan anda? Bos bisa mendapatkan supply Oli terpercaya di Etalase Bengkel dari Bengkel Mania.

Di Etalase bengkel para Bos Bengkel bisa membeli dengan harga yang bersaing dan lebih praktis. Sebab semua transaksi terjadi dalam satu Aplikasi Bengkel Mania. Dengan layanan yang cepat dan praktis, Bos Bengkel tetap dapat menjaga bengkel agar tetap beroperasi.

Selain itu di Etalase Bengkel juga menyediakan layanan supply chain pengadaan barang-barang yang dijual oleh bengkel seperti ban, busi, kampas rem, dsb.

Untuk info lebih lanjut bos bisa menghubungi +62 812-9812-8576 (Andre) atau kunjungi bengkelmania.com

Itu dia cara membedakan oli asli dan oli palsu, bagaimana pendapat Bos Bengkel?

2 thoughts on “5 Cara Membedakan Oli Asli atau Oli Palsu, Hati-hati Tertipu!”

  1. Pingback: Jadwal Libur Lebaran dan Cuti Bersama Idul Fitri 2022

  2. Pingback: Ini 5 Tanda Motor Yang Harus Mengalami Turun Mesin!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *